1. Apa itu CSCW? Jelaskan dan berikan contoh!
Computer-supported
cooperative work (CSCW) merupakan suatu group user yaitu bagaimana cara
merancang suatu system yang digunakan untuk membantu pekerjaan sebagai suatu
group dan bagaimana memahami dampak dari suatu teknologi pada pola pekerjaan
mereka. HCI berasal dari ilmu psychology-computing sedangkan CSCW bersumbu pada
sociology-computing. CSCW merupakan suatu system komputer yang mendukung
pekerjaan sebagai suatu group yang dikenal dengan istilah groupware dan sebuah istilah
generik, yang menggabungkan pemahaman cara orang bekerja dalam kelompok dengan
teknologi yang memungkinkan jaringan komputer, dan terkait perangkat keras,
perangkat lunak, layanan dan teknik .
Contoh : -
Kolaborasi para ilmuan yang
bekerjasama pada suatu proyek
-
Pengarang mengedit suatu dokumen bersama-sama
-
Programmer suatu system secara bersamaan
-
Bekerjasama sebagai sharing suatu video bersama
yang conferencing aplikasi
-
Para pembeli dan para penjual melakukan
transaksi secara eBay.
2. Apa
itu Ubiquitous Computing? Jelaskan dan berikan contohnya!
sebagai
penggunaan komputer yang tersebar di mana user berada. Sejumlah komputer
disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia bagi setiap orang yang berada di
lokasi tersebut. Setiap komputer dapat melakukan pekerjaan yang dipersiapkan
untuk tidak banyak melibatkan intervensi manusia atau bahkan tanpa harus
mendeteksi di mana pemakai berada.
Contoh : otomatis
rumah, bangunan, jembatan, jalanan, bidang farmasi dan kesehatan, dunia bisnis,
perbankan, dan keamanan dengan jalan membangun network untuk seluruh peralatan
elektronik.
3. Apa itu visualisasi informasi? Jelaskan dan berikan
contohnya?
rekayasa
dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi.
Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun
nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia.
Contoh : Contoh dari hal ini meliputi lukisan di dinding-dinding gua
dari manusia purba, bentuk huruf hiroglip Mesir, sistem geometri Yunani, dan
teknik pelukisan dari Leonardo da Vinci untuk tujuan rekayasa dan ilmiah, dll.
4. Sebutkan dan jelaskan teknik-teknik visualisasi informasi!
Ø PENGUMPULAN JUMLAH
Mengakumulasi elemen individual ke dalam sebuah unit yang lebih besar untuk menghadirkannya seperti sesuatu yang utuh/lengkap.
Mengakumulasi elemen individual ke dalam sebuah unit yang lebih besar untuk menghadirkannya seperti sesuatu yang utuh/lengkap.
Ø OVERVIEW DAN DETAIL
Menyediakan baik tinjauan global maupun kemampuan detail zooming.
Menyediakan baik tinjauan global maupun kemampuan detail zooming.
Ø FOKUS + KONTEKS
Menunjukkan detail dari satu atau lebih daerah di dalam
sebuah konteks global yang lebih besar (eg, fisheye).
Ø DRILL-DOWN
Memilih item individual atau set yang lebih kecil dari sebuah tampilan untuk sebuah pendapat detail / analisis.
Memilih item individual atau set yang lebih kecil dari sebuah tampilan untuk sebuah pendapat detail / analisis.
Ø BRUSHING
Memilih atau menunjuk / memspesifikasikan nilai, kemudian melihat item yang tepat di tempat lain pada tampilan.
Memilih atau menunjuk / memspesifikasikan nilai, kemudian melihat item yang tepat di tempat lain pada tampilan.
5. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan peripheral awareness!
Pandangan atau
penglihatan yang mampu mengenali situasi di sekeliling atau samping. Kemampuan ini
sering disebut juga penglihatan luas, yakni mampu melihat berbagai hal yang
berada jauh dari titik fokus penglihatan. Kemampuan ini harus di latih, tidak
sembarang dilatih. Harus dilatih dengan cara yang benar dan efektif.
6. Sebutkan
dan jelaskan tipe-tipe agent!
Suatu entitas yang
mampunyai beberapa tingkat inteligensi tiruan dan akan diprogram untuk melakukan berbagai tugas yang
bernanfaat bagi masyarakat.
Ø Autonomy: Agent dapat melakukan tugas secara mandiri
dan tidak dipengaruhi secara langsung oleh user, agent lain ataupun oleh
lingkungan (environment). Untuk mencapai tujuan dalam melakukan tugasnya secara
mandiri, agent harus memiliki kemampuan kontrol terhadap setiap aksi yang
mereka perbuat, baik aksi keluar maupun kedalam [Woolridge et. al.,1995].
Ø Intelligence, Reasoning, dan Learning: Setiap agent
harus mempunyai standar minimum untuk bisa disebut agent, yaitu intelegensi
(intelligence). Dalam konsep intelligence, ada tiga komponen yang harus
dimiliki: internal knowledge base, kemampuan reasoning berdasar pada knowledge
base yang dimiliki, dan kemampuan learning untuk beradaptasi dalam perubahan
lingkungan.
Ø Mobility dan Stationary: Khusus untuk mobile agent,
dia harus memiliki kemampuan yang merupakan karakteristik tertinggi yang dia
miliki yaitu mobilitas. Berkebalikan dari hal tersebut adalah stationary agent.
Bagaimanapun juga keduanya tetap harus memiliki kemampuan untuk mengirim pesan
dan berkomunikasi dengan agent lain.
Ø Delegation: Sesuai dengan namanya dan seperti yang
sudah kita bahas pada bagian definisi, agent bergerak dalam kerangka
menjalankan tugas yang diperintahkan oleh user. Fenomena pendelegasian
(delegation) ini adalah karakteristik utama suatu program disebut agent.
Ø Reactivity: Karakteristik agent yang lain adalah
kemampuan untuk bisa cepat beradaptasi dengan adanya perubahan informasi yang
ada dalam suatu lingkungan (enviornment). Lingkungan itu bisa mencakup: agent
lain, user, adanya informasi dari luar, dsb [Brenner et. al., 1998].
Ø Proactivity dan Goal-Oriented: Sifat proactivity boleh
dikata adalah kelanjutan dari sifat reactivity. Agent tidak hanya dituntut bisa
beradaptasi terhadap perubahan lingkungan, tetapi juga harus mengambil
inisiatif langkah penyelesaian apa yang harus diambil [Brenner et. al., 1998].
Untuk itu agent harus didesain memiliki tujuan (goal) yang jelas, dan selalu
berorientasi kepada tujuan yang diembannya (goal-oriented).
Ø Communication and Coordination Capability: Agent harus
memiliki kemampuan berkomunikasi dengan user dan juga agent lain. Masalah
komunikasi dengan user adalah masuk ke masalah user interface dan
perangkatnya,sedangkan masalah komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dengan
agent lain adalah masalah sentral penelitian Multi Agent System (MAS).
Bagaimanapun juga untuk bisa berkoordinasi dengan agent lain dalam menjalankan
tugas,perlu bahasa standard untuk berkomunikasi. Tim Finin [Finin et al., 1993]
[Finin et al., 1994] [Finin et al., 1995] [Finin et al., 1997]dan Yannis Labrou
[Labrou et al., 1994] [Labrou et al., 1997] adalah peneliti software agent yang
banyak berkecimpung dalam riset mengenai bahasa dan protokol komunikasi antar
agent. Salah satu produk mereka adalah Knowledge Query and Manipulation
Language (KQML). Kemudian masih berhubungan dengan ini komunikasi antar
agent adalah Knowledge Interchange Format (KIF).
7. Sebutkan
4 cara menghindari atau mencegah kesalahan!
·
Konsentrasi atau fokus
·
Terlebih dahulu belajar
·
Hindari kegugupan
·
Menjaga lisan dan sifat yang tidak sepantasnya
dilakukan
8. Sebutkan
4 cara memperbaiki kesalahan!
·
Belajar lebih giat
·
Memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan
·
Lawan kegugupan anda
·
Lakukan gerakan-gerakan kecil agar lebih fokus
9. User
Interface terdapat 2 macam yaitu GUI dan CLI, deskripsikan apa itu GUI dan CLI?
v GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada
sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para
pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.
Jadi, GUI merupakan
antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu
grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat
sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan
komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan
tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem
operasi.
Contoh sistem operasi
yang menggunakan GUI adalah Linux dengan distro Mandriva menggunakan Desktop
Environment KDE (Lihat juga Pengertian Desktop Environment), dan juga
sistem operasi Windows 7 Ultimate yang menggunakan GUI-nya sendiri.
v CLI (Command Line Interface), adalah antarmuka pada
sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text
atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau
komputer tersebut.
Jadi, GUI merupakan
antarmuka yang menggunakan input dari keyboard untuk bisa berinteraksi dengan
komputer tersebut. CLI lebih ditujukan kepada sistem operasi yang digunakan
sebagai komputer server. Karena menggunakan CLI dirasa lebih efisien dan
cepat daripada menggunakan GUI. Untuk berinteraksi dengan komputer, harus
dengan menggunakan bafris perintah yang bisa dikenali oleh komputer. Jadi,
untuk orang yang masih awam menggunakan mode CLI, masih dirasa cukup repot
untuk menggunakannya.
Contoh sistem operasi
yang menggunakan CLI adalah Ubuntu Server dan Windows Server 2008.
10. Antara
GUI dan CLI manakah yang lebih unggul menurut anda dan jelaskan alasannya!
GUI lebih unggul.
karena antarmukanya
lebih dimengerti oleh penggunanya. jadi, dapat disimpulkan bahwa GUI dan
CLI merupakan tampilan antarmuka yang digunakan sesuai kebutuhan para
penggunanya. Pada GUI menggunakan mode grafis, dan pada CLI menggunakan mode
baris perintah atau text. Dan antarmuka pada GUI ini menggunakan input dari
keyboard untuk berinteraksi denga computer. GUI ini lebih efisien dan cepat
dibandingkan dengan CLI.dan CLI masih di anggap cukup repot menggunakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar